Khusus Telkomsel !!! (Cara Unreg Nomor HP yang Sudah Teregister NIK KTP) Agar Dapat Registrasi Ulang

Kebijakan baru dari pemerintah untuk mewajibkan para pengguna kartu SIM prabayar melakukan registrasi kartu dengan memakai NIK KTP telah diberlakukan secara resmi. Pelaksanaan kebijakan ini mulai diberlakukan sejak tanggal 31 Oktober 2017. 

Dalam kebijakan ini, bila pemakai SIM prabayar memiliki  kartu lebih dari 3 harus dipilih satu nomor SIM yang di-Unreg. Nomor lainnya boleh dipertahankan. Lalu, bagaimana cara unreg nomor HP yang sudah teregister NIK KTP?


Cara-Unreg-Nomor-HP-yang-Sudah-Teregister-NIK-KTP

Bila pemilik SIM prabayar ingin mengganti nomor HP yang lama dengan nomor HP yang baru, maka nomor SIM prabayar yang sudah diregistrasi NIK KTP harus di-unreg. Ini sudah ketentuan dari peraturan Menkominfo No. 21 tentang perubahan kedua atas Peraturan Menkominfo No. 12 tahun 2016 tentang registrasi pelanggan jasa telekomunikasi.

Di dalam peraturan tersebut, dijelaskan bahwa kebijakan registrasi ulang kartu prabayar membatasi satu orang dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) e-KTP hanya diperbolehkan mempunyai 3 kartu SIM prabayar saja. Bila nomor SIM ke-empat adalah untuk keperluan bisnis atau usaha harus didaftarkan ke gerai masing-masing operator supaya dicatat dengan jelas.

Oke langsung saja disini saya akan berikan dua cara untuk unreg nomor hp yang sudah terdaftar atau teregister dengan NIK KTP.


1. Cara Pertama Unreg Nomor HP Yang Sudah Teregister NIK KTP Dengan Mengakses menu *444#

Untuk pengguna operator Telkomsel, cara unreg nomor HP yang sudah teregister NIK KTP yaitu tinggal mengakses menu *444#


Cara-Unreg-Nomor-HP-yang-Sudah-Teregister-NIK-KTP

lalu pilih menu nomor 3 UNREG


Cara-Unreg-Nomor-HP-yang-Sudah-Teregister-NIK-KTP

dan masukkan 16 Nomor Induk Kependudukan (NIK). Selanjutnya, ikuti saja perintah yang ada sampai selesai. Nomor SIM prabayar Anda sudah tidak teregistrasi. Bila nomor SIM prabayar ini akan diregistrasi ulang kembali harus mendaftarkan ke gerai operator Telkomsel (Grapari) di masing-masing daerah. Nanti, petugas akan memandu Anda untuk melakukan registrasi ulang kembali nomor HP yang pernah di-unreg tersebut.


2. Cara Kedua Unreg Nomor HP Yang Sudah Teregister NIK KTP Melalui SMS kirim ke 4444

Selain memakai menu *444#. Pengguna SIM prabayar bisa juga melakukan unregistrasi melalui SMS. Cara unreg nomor HP yang sudah teregisrasi NIK KTP melalui SMS yaitu dengan mengetik UNREG#NomorNIK, lalu kirim ke 4444. Misalnya saja: UNREG#1234567890123456, lalu kirim ke 4444.


Cara-Unreg-Nomor-HP-yang-Sudah-Teregister-NIK-KTP

Tunggu sesaat sampai ada balasan SMS dari 4444 bahwa proses UNREG telah berhasil. Bila nomor HP ini akan dipakai ulang untuk diregistrasi kembali tinggal menghubungi gerai operator Telkomsel setempat (Grapari).

Pada tanggal 1 Mei 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sudah melakukan pemblokiran total terhadap nomor-nomor SIM prabayar yang tidak melakukan registrasi ulang. Ini artinya, pemilik SIM prabayar Telkomsel tidak bisa lagi melakukan pemanggilan, pengiriman SMM, dan akses layanan data internet.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara unreg nomor HP yang sudah teregistrasi NIK KTP sepert ini. Dan bila nomor SIM prabayar ini akan dipakai lagi harus menghubungi gerai operator Telkomsel (Grapari) kembali. Karena bisa saja nomor SIM prabayar ini tidak tersedia atau terpakai oleh pengguna lain.

Mungkin sekian dulu tentang tips ataupun tutorial Cara Unreg Nomor HP yang Sudah Teregister NIK KTP, dan semoga dapat bermanfaat untuk sobat diptavir.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khusus Telkomsel !!! (Cara Unreg Nomor HP yang Sudah Teregister NIK KTP) Agar Dapat Registrasi Ulang"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan hal yang bersangkutan dengan topik, komentar spam link aktif tidak akan tampil sebelum di setujui.